PENGARUH E-BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG FITOFARMAKA DI KECAMATAN TUAH MADANI PEKANBARU

Authors

  • Ratna Sari Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau
  • Husnawati Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau
  • Lydia Tri Wulandari Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau

DOI:

https://doi.org/10.51887/jpfi.v13i1.1788

Keywords:

Obat tradisional, fitofarmaka, pengetahuan, media edukasi, e-booklet

Abstract

Fitofarmaka merupakan sediaan obat bahan alam yang bisa disejajarkan dengan obat kimia karena telah terbukti keamanan dan khasiatnya secara ilmiah menggunakan uji praklinik pada hewan dan uji klinik pada manusia. Istilah fitofarmaka masih belum dikenal oleh masyarakat luas dimana masyarakat mengenal dan mengetahui fitofarmaka hanya 3%. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Kecamatan Tuah Madani terhadap 26 responden didapatkan hasil bahwa pengetahuan masyarakat tentang fitofarmaka masih dalam kategori rendah yaitu 48,35% responden. Peningkatan pengetahuan dapat diupayakan menggunakan media edukasi. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh pemberian media e-booklet terhadap tingkat pengetahuan masyarakat tentang fitofarmaka. Penelitian ini merupakan penelitian experimental dengan rancangan  non randomized controlled group pretest-posttest design dengan metode pengambilan sampel yaitu dengan metode purposive sampling pada 120 masyarakat di Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru, dengan kriteria berusia 17-55 tahun, dapat menggunakan smartphone atau laptop, belum pernah menggunakan fitofarmaka dan melihat media edukasi e-booklet minimal 1 kali. Berdasarkan analisis diperoleh hasil terdapat pengaruh pemberian media edukasi e-booklet terhadap tingkat pengetahuan masyarakat pada kelompok perlakuan saat pretest dan posttest dengan nilai p=0,000. Hasil ini menunjukkan dengan diberikannya media edukasi e-booklet dapat meningkatkan pengetahuan tentang fitofarmaka pada masyarakat Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru.

Phytopharmaceuticals are natural medicinal preparations that can be compared to chemical medicines because their safety and efficacy have been scientifically proven using pre-clinical tests on animals and clinical trials on humans. The term phytopharmaca is still not well known by the wider community, where only 3% of people know and understand phytopharmaca. Based on a preliminary study conducted in Tuah Madani District on 26 respondents, the results showed that public knowledge about phytopharmaca is still in the low category, namely 48.35% of respondents. Increasing knowledge can be achieved using educational media.    The aim of this research is to see the effect of providing e-booklet media on the level of public knowledge about phytopharmaca. This research is an experimental study with a non-randomized controlled group pretest-posttest design with a sampling method, namely purposive sampling method in 120 people in Tuah Madani District, Pekanbaru City, with the criteria being 17-55 years old, able to use a smartphone or laptop, never use phytopharmacies and view e-booklet educational media at least once. Based on the analysis, the results showed that there was an effect of providing e-booklet educational media on the level of community knowledge in the treatment group during the pretest and posttest with a value of p=0.000. These results show that providing e-booklet educational media can increase knowledge about phytopharmaceuticals in the community of Tuah Madani District, Pekanbaru City.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyasa, M.R. and Meiyanti, M. 2021. Pemanfaatan obat tradisional di Indonesia: distribusi dan faktor demografis yang berpengaruh. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, 4(3): 130–138.

Amalia, N. I., Yuniawatika, T. M., and Murti, T. 2020. Pengembangan e-booklet berbasis karakter kemandirian dan tanggung jawab melalui aplikasi edmodo pada materi bangun datar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3): 282-290.

BPS. 2021. Provinsi Riau dalam Angka 2021. Pekanbaru: Badan Pusat Statistik Provinsi Riau.

Dewi, R. S., Aryani, F., Hidayani, Y. 2021. Pengaruh pemberian leaflet terhadap pengetahuan masyarakat tentang obat tradisional. Jurnal Manajemen dan Pelayanan farmasi, 11(2): 114–121.

Dewi, R. S., Khairani, M. E., Wulandari, L. T., and Nofriyanti. 2024. Berdaya Tuntas dengan Media: Menggali Efektivitas Media Edukasi Video dalam Meningkatkan Pengetahuan Fitofarmaka di Kalangan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Hanifah, Afrikani, T., and Yani, I. 2020. Pengembangan media ajar e-booklet materi plantae untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Journal of Biology Education Research, 1(1): 10-16.

Istiqomah, G. A. 2021. Tradisional di Desa Babai Kecamatan Karau Kuala di masa pandemi Covid 19. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 2(1): 49–57.

Khusnuddin and Sofwan, I. 2020. E-booklet personal hygiene terhadap pengetahuan pencegahan skabies pada santri pondok pesantren. Jurnal Higeia of Public Health Research and Development, 4(3): 2-6.

Kemenkes RI. 2022. Formularium Fitofarmaka. Kementerian Jakarta: Kesehatan Republik Indonesia.

Kustandi, C., and Darmawan, D. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Prenada Media.

Notoatmojo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oktaviani, A. R., Takwiman, A., Santoso, D. A. T., Hanaratri, E. O., Damayanti, E., Maghfiroh, L., Putri, M. M., Maharani, N. A., Maulida, R., Oktadela, V. A. and Yuda, A. 2020. Pengetahuan dan pemilihan obat tradisional oleh ibu-ibu di Surabaya. Jurnal Farmasi Komunitas, 8(1): 1-8.

Riyana, C. 2012. Media pembelajaran. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri.

Sari, E. N. dan Wijoyo, Y. 2018. Validitas dan reliabilitas instrumen kuesioner dan video edukasi perkembangan fitofarmaka di Indonesia. Jurnal Farmasi dan Kesehatan, 8(2): 199–209.

Shanti, R. 2018. Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humairora UIN Arranry Angkatan 2013. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Aceh.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Umar. 2014. Media pendidikan, peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1): 131-144.

Zafira, T. 2020. Pengaruh Edukasi Gizi dengan Media E-booklet Terhadap Perubahan Perilaku Makan Sesuai Pedoman Gizi Seimbang (PGS) Pada Remaja Obesitas Di Kota Padang Tahun 2020. Skripsi. Universitas Andalas, Padang.

Zahrah, Z., Ayu, N., and Dewi, S. 2020. Peran edukasi terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat pada manfaat bahan alam sebagai obat tradisional. Jurnal seminar UNRIYO, 2(1): 542–547.

Downloads

Published

30-06-2024

How to Cite

Dewi, R. S., Husnawati, & Wulandari, L. T. (2024). PENGARUH E-BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG FITOFARMAKA DI KECAMATAN TUAH MADANI PEKANBARU. Jurnal Penelitian Farmasi Indonesia, 13(1), 41–45. https://doi.org/10.51887/jpfi.v13i1.1788

Issue

Section

Articles