ANALISIS KETERKAITAN SIKAP DAN PENGETAHUAN PASIEN HIPERTENSI TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN OBAT ANTI HIPERTENSI DI RUMAH SAKIT ISLAM PURWODADI

Sikap dan pengetahuan pasien hipertensi terhadap obat anti hipertensi

Authors

  • Ratna Wulandari Ratna Stifera
  • Delia Paramita
  • Eleonora Maryeta Toyo

DOI:

https://doi.org/10.51887/jpfi.v10i2.1416

Keywords:

Keywords: hypertension, knowledge, attitude, compliance, antihypertensive

Abstract

ABSTRAK

Hipertensi merupakan penyakit yang memiliki angka prevalensi yang tinggi. Hipertensi dapat distabilkan dengan melakukan pola hidup yang sehat dan menggunakan obat anti hipertensi. Penggunaan obat antihipertensi diperlukan kepatuhan agar hipertensi dapat terkontrol. Kepatuhan pasien dalam melaksanakan pengobatan harus dipertahankan dalam jangka waktu yang lama, oleh sebab itu pasien harus memiliki pengetahuan yang baik dan sikap yang positif terhadap hipertensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sikap dan pengetahuan pasien hipertensi terhadap kepatuhan peggunaan obat anti hipertensidi Rumah Sakit Islam Purwodadi. Penelitian ini menggunakan metode sensus dengan rancangan Cross Sectional. Desain ini digunakan untuk meneliti suatu kejadian dalam waktu yang bersamaan atau dalam sekali waktu. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan metode sensus. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. Dari analisis univariat didapatkan hasil 65% responden memiliki sikap yang baik, 70% responden memiliki tingkat pengetahuan yang baik, serta 55% responden memiliki kepatuhan minum obat antihipertesi yang tinggi. Pada analisis bivariat dengan uji statistik Chi Squareα < 0,05 didapatkan hasil bahwa ada hubungan antara sikap dan kepatuhan minum obat antihipertensi (p value= 0,005), dan terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dan kepatuhan minum obat antihipertensi di Rumah Sakit Islam Purwodadi (p value = 0,021).

Kata kunci: hipertensi, pengetahuan, sikap, kepatuhan, antihipertensi

References

DAFTAR PUSTAKA

Depkes RI 2012, Riset Kesehatan Dasar, Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Gama, IK, Sarmadi, TW, Harini, I 2014, ‘Faktor penyebab ketidakpatuhan kontrol penderita hipertensi, Jurnal Keperawatan Politeknik Kesehatan Denpasar, 2(4), pp. 1-8.

Heriyadi, Hasballah, K, Tahlil, T 2017, ‘Pengetahuan, sikap, dan perilaku diet hipertensi lansia di Aceh’, Jurnal Ilmu Keperawatan, 6(1), pp. 1-3.

Mengendai, Yulike, Rompas, S, Hamel, RS 2017, ‘Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan berobat pada pasien hipertensi di Puskesmas Ranotana Weru’, E-Journal Keperawatan, 5(1), pp. 1-8.

Notoatmodjo, S 2012, Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Haldi, T, Pristianty, L, Hidayati, IR 2019,’Hubungan pengetahuan dan sikap pasien hipertensi terhadap kepatuhan penggunaan obat amlodipin di Puskesmas Arjuno Kota Malang’.

Sinuraya, RK, Dika, PD, Irma, M, Ajeng, D 2018, ‘Tingkat kepatuhan pengobatan pasien hipertensi di fasilitas kesehatan tingkat pertama di kota Bandung’, Jurnal Farmasi Klinik Indonesia, 7(2), pp. 124– 133.

Sinuraya, RK, Dika, PD, Irma, M, Ajeng, D 2018, ‘Tingkat kepatuhan pengobatan pasien hipertensi di fasilitas kesehatan tingkat pertama di kota Bandung’, Jurnal Farmasi Klinik Indonesia, 7(2), pp. 124-133.

Soenarta, AA, Erwinanto, Mumpuni, S, Rossana, B, Nani, HAA 2015, Pedoman Tatalaksana Hipertensi Pada Penyakit Kardiovaskuler, Edisi I, Surabaya: Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia

Downloads

Published

31-12-2021

Issue

Section

Articles