Simulasi Molecular Dynamic (MD) Senyawa Analog Kalkon Sebagai Inhibitor Untuk Sel Kanker Paru A549

  • Neni Frimayanti Sekolah tinggi ilmu farmasi riau
Keywords: Turunan kalkon, Molecular Dynamic, anti-kanker paru A549

Abstract

Senyawa kalkon merupakan senyawa yang berasal dari alam yang sudah terbukti memiliki aktivitas sebagai antikanker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kestabilan senyawa analog kalkon yang telah di-docking sebagai inhibitor bagi kanker paru A549. Penelitian ini menggunakan 3 senyawa analog kalkon yang diperoleh dari penelitian sebelumnya dengan menggunakan gefitinib sebagai kontrol positifnya. Studi simulasi molecular dynamic ini dilakukan menggunakan komputer dengan software MOE 2007.09. Data hasil simulasi berupa nilai energi konformasi (kcal/mol), ikatan hidrogen, dan kesamaan asam amino yang menunjukkan kestabilan interaksi ligan senyawa kalkon terhadap asam amino pada reseptor. Hasil molecular dynamic menunjukkan bahwa dari 3 senyawa yang disimulasikan senyawa 5 adalah yang paling stabil karena memiliki nilai energi konformasi yang rendah yaitu -4.050,14 kcal/mol dan terdapat dua asam amino yang membentuk ikatan hidrogen dengan sisi aktif reseptor yaitu Arg655 dan Tyr100, serta memiliki 6 residu asam amino yang sama dengan hasil docking.

References

Anonim. 2015. Situasi Penyakit Kanker. Departemen. Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Anonim. 2017. Pedoman Nasional Pelayanan. Kedokteran Kanker Paru. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Arba, M. 2019. Farmasi Komputasi. Yogyakarta : Deepublish

Corwin, J. E. 2009. Buku Saku Patofisiologi edisi 3. Buku Kedokteran ECG : Jakarta.

Dipiro, J., Talbert, R., Yee, G., Matzke, G., Wells, B. and Posey, M., 2008, Pharmacotherapy: A Pathophysiologic Approach, Seventh Edition, The MC Graw Hill, New York.

Hans, D.H., Gerd, F., Raimud, M., Hugo, K., Hendrik, T., 2008. Molecular Modelling: Basic Principles and Applications. Volume 5. New York . John Wiley & Sons.

Jusuf, A., A. Wibawanto, A. Icksan, E. Syahrudddin, Juniarti, dan S. Endardjo. 2015. Kanker Paru Jenis Karsinoma Bukan Sel Kecil Pedoman NasionalUntuk Diagnosa & Penatalaksanaan di Indonesia.PDPI. Jakarta.

Khusnah, A. 2018. Studi In Silico Senyawa Analog Kalkon sebagai Inhibitor untuk sel Kanker Paru- Paru A549. Skripsi. Pekanbaru : Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau

Klamerus, J.F., Julie, R.B and David, S. E. 2012. Patients’ Guide to Lung Cancer (Buku Panduan untuk Penderita Kanker Paru).Penerjemah: dr. Melviawati. Jakarta: Indeks

Pingaew, R. Saekee, A. Mandi, P. Nantasenamat, C. Prachayasitikul, S. Ruchirawat, S and Prachayasitikul, V. 2014. Synthesis, Biological Evaluation and Molecular Docking of Novel Chalcone-Coumarin Hybrid as Anticancer and Antimalarial. Europe Journal Medicinal Chemistry. 85(5): 65-76.

Siswandono dan Bambang, S. 2000. Kimia Medisinal. Surabaya: Airlangga University Press.

Yuwono, T. 2011. Biologi Molekuler Edisi V. Yogyakarta: Penerbit Erlangga.
Published
2021-01-12
Section
Articles